Apa itu Unicorn Dalam Bisnis

Apa itu unicorn


Apa itu unicorn ? (bahasa:unikorn) ditulis di wikipedia Unikorn (bahasa Inggris: Unicorn) adalah perusahaan rintisan milik swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari $1 miliar. Istilah ini diciptakan pada tahun 2013 oleh Aileen Lee, seorang pemodal usaha. Ia memilih hewan mitos ini karena perusahaan yang sukses seperti ini tergolong langka.

Dekakorn (decacorn) adalah sebutan untuk perusahaan yang nilainya lebih dari $10 miliar, sedangkan hektokorn (hectocorn) untuk perusahaan yang nilainya lebih dari $100 miliar. Mennurut TechCrunch, ada 279 unikorn hingga Maret 2018. Ant Financial, Didi Chuxing, Uber, Xiaomi, Airbnb, Palantir, dan Pinterest masuk jajaran unikorn terbesar di dunia.

Sejarah Unicorn

Awalnya Pada tahun 2013, ketika Aileen Lee menciptakan istilah "unicorn", baru 39 perusahaan yang tergolong unikorn. Menurut penelitian Harvard Business Review, perusahaan rintisan yang didirikan antara 2012 dan 2015 nilainya bertambah dua kali lebih cepat daripada perusahaan rintisan yang didirikan antara 2000 dan 2013.
Perusahaan atau startup di Indonesia sudah tercipta dengan dukungan penuh dari masyarakat indonesia dan juga pemerintahan indonesia.

Apa itu Unicorn dan Pengaruhnya?

unicorn atau unikorn di indonesia sudah mempengaruhi gaya hidup dan juga tatacara bermasyarakat. startup digital sudah sangat membuat masyarakat terpengaruh, dari mulai berbelanjar, berkendara, semuanya ditopang oleh para startup yang sudah berstatus unicorn.

unikorn di indonesia sangat beragam dan juga unikorn di indoesia berpengaruh besar dalam kehidupan sekarang. Contoh saja dengan adanya Gojek yang menjadi super app yang memenuhi hampir semua kebutuhan hidup manusia pada umumnya. Gojek sudah pasti kita kenal karena gojek sendiri seringkali kita lihat. Keberadaanya sangat membantu kehidupan seperti beberapa layanannya. Seperti GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD, GO-MASSAGE, dan masih banyak lainnya.

Perkembangan Unicron di Indonesia bisa dibilang sangat pesat beberapa perusahaan unicorn milik indonesia bahkan sudah ekspansi ke luar negeri seperti Traveloka, Gojek, Bukalapak.

Daftar Unicorn Indonesia

Setelah mengetahui apa itu unicorn dan serta pengaruhnya dalam kehidupan kita mari kita bahas daftar startup yang berstatus unicorn di indonesai bahkan sudah ada yang berstatus decacorn.

1. GO-JEK


Apa itu Unicorn
Gojek pastinya sudah tak asing bukan? gojek merupakan salahsatu unicorn asal indonesia. Gojek dikabarkan bahkan sudah melewati status unikorn dan disebut sudah berstatus decacorn. Gojek sendiri merupakan suatu aplikasi penyedia jasa pemesanan yang beragam. diantaranya adalah
  • Go-Ride, goride dari gojek merupakan suatu layanan untuk pemesanan ojek yang sudah bermitra dengan tokopedia. Solusia untuk indonesia karena indonesia mempunyai tukang ojek.
  • Go-Car, berbeda dengan goride, gocar merupakan layanan pemesanan kendaraan, bisa dibilang juga mungkin taksi online.
  • Go-Food, berbeda juga, gofood merupakan suatu pemesanan makanan dimana kita hanya menggunakan aplikasi gojek dan memilih layanan gofood. Tentukan makanan yang ingin kita beli dan kita bisa menunggu makanan itu diantarkan pada kita. 

2. Traveloka

 
Apa itu unicorn

 Traveloka merupakan suatu aplikasi yang sudah berstatus unicorn dimana aplikasi ini menyediakan jasa pemesanan Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Hotel dan lainnya Traveloka merupakan aplikasi unicorn asal indonesia yang sudah mampu ekspansi ke luar negeri. Layanan traveloka bisa dia pakai untuk hampir semua negara di Asia Tenggara.

3. Tokpedia

Apa itu unicorn

 

Siapa juga yang tak kenal tokpedia? tokopedia merupakan salah satu e-commerce indonesia yang berstatus unicorn dengan #mulaiajadulu tokopedia berhasil memperkenalka e-commerce mereka menjadi salahsatu pilihan terbaik untuk indonesia.

4. Bukalapak

Apa itu unicorn

 

Bukalapak merupakan satu e-commerce asal indonesia yang baru-baru ini dikabarkan sudah mengibarkan sayap bisnisnya ke beberapa negara di Asia Tenggara. Bukalapak ini merupakan salah satu unicorn indonesia yang agresif dalam mengembangkan bisnisnya.

Setelah mengetahuinya apa itu unicorn dan beberapa unicorn di indonesia. sudah tidak penasaran dengan apa itu Unicron? jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Unicorn Dalam Bisnis"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel